Contoh Hasil Laporan Observasi lingkungan




HASIL OBSERVASI




Observasi warnet Merapi Online Grup

01 Mei 2012
Jl.Monjali Yogyakarta.
Seleksi Karyawan Merapi Online Grup










Disusun Oleh :
           


Nama : Susilo Ari Wibowo

Nama Panggilan : Bowo

Alamat : Sumberan, Candibinangun, Pakem

Asal Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH PAKEM





      BAB I
PENDAHULUAN



Dasar Pelaksanaan :

   Observasi warnet Merapi Online Grup dilaksanakan dalam rangka memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti tes seleksi karyawan Merapi Online Grup yang dibuka pada bulan Mei tahun 2012.


Maksud dan Tujuan :

   Maksud dan tujuan dibuatnya laporan observasi ini adalah sebagai salah satu prosedur calon peserta seleksi karyawan Merapi Online Grup untuk dapat mengetahui, mengenal lingkungan maupun pelayanan  dan fasilitas yang diberikan oleh Dewa Net.


Metode Pengumpulan Data Observasi :

·         Wawancara langsung dengan Operator Warnet yang ada.
·         Mengamati tempat Observasi secara langsung.




BAB II
LAPORAN KUNJUNGAN

Lingkungan Fisik Ruangan Warnet :

  • Suhu
Ruangan warnet Dewa Net yang ber  AC sangat sejuk, di ruangan tersebut terdapat empat buah AC yang terletak pada masing-masing bagian ruangan warnet, yaitu dua buah AC pada bagian bilik NO SMOKING, satu buah AC pada bilik ruang khusus SMOKING, dan satu buah AC pada ruang Operator yang menjadi satu dengan tempat tunggu pengunjung warnet.  Dengan ruangan full AC seperti ini cukup untuk menyejukkan seluruh bilik yang ada di ruangan Dewa Net yang  jumlah biliknya sebanyak 14 bilik pada bagian NO SMOKING dan 9 bilik pada ruangan khusus SMOKING yang seluruhnya terdapat 23 CPU dan 23 layar monitor. Ruangan yang sejuk  juga menambah kenyamanan pengunjung warnet agar tidak kepanasan, sehingga pengunjung warnet merasa nyaman dalam menggunakan internet.
  
  • Pencahayaan
Pencahayaan pada ruangan warnet juga sangat baik dan tidak menyilaukan. Pada ruangan warnet terdapat tujuhbelas buah lampu penerangan,yaitu pada ruangan NO SMOKING terdapat sembilan buah lampu, lima buah lampu pada ruangan khusus SMOKING, dan satu buah lampu pada Operator dan dua buah lampu pada tempat tunggu pengunjung warnet. Lampu yang tidak menyilaukan ini juga dapat memberikan kenyamanan terhadap pengunjung.

  • Kebersihan
Kebersihan pada warnet Dewa Net juga terlihat sangat bersih karena ada petugas cleaning service sebanyak dua orang yang selalu membersihkan ruangan warnet yang kotor. Selain itu juga terdapat kotak sampah pada ruangan tersebut agar pengunjung warnet menjaga kebersihan membuang sampah pada tempatnya. Lantai ruangan juga sangat bersih.

  • Fasilitas Warnet
Fasilitas warnet yang lengkap membuat pengunjung sangat nyaman dan senang. Sehingga pengunjung warnet sangat senang berkunjung ke Dewa Net dan mereka rela mengantri. Warnet Dewa Net menggunakan tarif sebesar  Rp 4000,- per  jam untuk biaya rental internet. Dengan tarif sebesar itu pengunjung warnet mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap, ada minuman dingin yang terdapat pada lemari pendingin dan berbagai makanan ringan, serta rokok yang tersedia di etalase tempat tunggu pengunjung warnet. Ada juga mie siap saji dan kopi hangat  yang siap dimasakkan di dapur warnet. Karena warnet ini terdapat dapur masak. Selain itu masih ada fasilitas warnet yang lainnya sebagai berikut :


 Fasilitas Utama :
·         Terdapat Mushola sebagai tempat sholat bagi yang beragama muslim
·         Toilet yang bersih & wangi
·         Ruangan full AC yang sejuk
·         Dapur tempat masak

Fasilitas Data :
·         Satu buah print
·         Satu buah scanner

Fasilitas Tambahan :
·         Peminjaman charger HP
·         Peminjaman kabel data
·         Peminjaman card reader
·         Beli pulsa
·         Tersedia buku bacaan

Fasilitas Bilik :
·         Chanel TV live streaming Dewa Net
·         Movie
·         Video Klip
·         Game
·         Musik
·         Sofware
·         Web Cam
·         Headset

Fasilitas Cadangan :
·         Lima buah lampu cadangan jika listrik padam yang terdapat pada ruangan NO SMOKING dan ruangan khusus SMOKING masing-masing dua buah srta pada tempat operator terdapat satu buah.



Tempat Parkir :
   Lingkungan parkir yang rapi dan tertata serta petugas parkir yang ramah juga membuat mengunjung sangat senang. Apalgi pengaturan letak kendaraan di tempat parkir juga sangat rapi dan tertata, dengan hal ini pengunjung warnet yang datang tidak perlu mengatur sendiri letak kendaraannya karena sudah ada petugas parkir yang mengatur dan merapikan kendaraan (sepeda motor) pengunjung warnet.
   Pada warnet Dewa Net terdapat tiga petugas tukang parkir yang setiap harinya bergantian untuk mengatur dan melayani parkir, petugas parkir tersebut adalah pak Gito, pak Alit, pak Adit serta mas Davit sebagai petugas parkir cadangan. Sehingga kenyamanan parkir sangat memuaskan. Selain sebagai petugas parkir para petugas parkir juga memberikan informasi bagi pengunjung warnet apakah warnet mengantri atau tidak mereka juga memberikan informasi jika mengantri harus mengantri pada urutan berapa kepada pengunjung warnet sehingga pengunjung pun tidak perlu masuk jika antrean penuh.

Jam Kerja Karyawan :
Setiap karyawan operator warnet memperoleh jam kerja sebanyak delapan jam per hari. yang satu hari penuh terdapat tiga sive sebagai berikut :
                 07.00 pagi sampai dengan 15.00 sore
         15.00 sore sampai dengan 23.00 malam
         23.00 malam sampai dengan 07.00 pagi
Yang masing masing karyawan operator wanet masuk pada hari kerja kurang lebih sebanyak 16 kali dalam satu bulan.

 Sertifikat :
      Microsoft Open License Purchase Order 0910-0162T Confirmation
     Surat Izin Tempat Usaha (SITU) atas nama pemilik warnet bapak Rasda Tajudin




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan :
  
  
   Dari hasil observasi yang dilakukan secara l;angsung di warnet Dewa Net dan wawancara yang saya lakukan dengan Operator Warnet, telah diperoleh gambaran umum kesimpulan sebagai berikut :


   Operator Warnet sangat ramah terhadap pengunjung warnet Dewa Net sehingga pengunjung warnet sangat senang. Serta pelayanan yang maksimal membuat pengunjung warnet sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh warnet.


 Saran :



Berdasarkan pembahasan tersebut, saran penulis adalah sebagai berikut :



o   Jika masih memungkinkan, di tempat tunggu pengunjung warnet yang terdapat sekitar tujuh kursi bisa ditambahkan kursi/tempat duduk lagi. Sehingga pengunjung yang mengantre menjadi lebih banyak, dan pengunjung yang datang ingin mengantre bisa duduk di tempat tunggu pengunjung warnet bukannya mau mengantre tidak jadi karena tidak ada tempat duduk.



o   Jika masih ada tempat yang memungkinkan, mesin penyedot debu dan tangga bisa tidak diletakkan di dalam ruangan khusus SMOKING karena dapat mengganggu pemandangan ruangan warnet dan kenyamanan Dewa Net.